Tantangan dari Excora Mattrass




Seorang kawan dikantor menawarkan saya untuk bantu temannya yang bergerak di bisnis Matrass Springbed. Lokasi tokonya saat itu di seberang Yogya Dept Store dijalan baru Bogor nggak terlalu jauh dari kantor saya, ukuran tokonya lumayan besar, tapi sejak tahun sekarang tokonya berubah jadi sebuah CafĂ© Bakery kalo nggak salah. 

Setelah saya menghubungi calon klien saya itu dan membuat janji untuk ketemu, namanya Koh AC (maaf yang bersangkutan keberatan disebut hehe..). Akhirnya sore sepulang kantor saya mengunjungi toko Furniture miliknya. Pandangan saya berkeliling memperhatikan barang yang dijual apakah Koh AC juga menjual produk-produk furniture dari kantor saya.. Aha! rupanya ada beberapa dan nggak banyak. Hehe.. Segmen tokonya memang berbeda.

Setelah ketemu dan berkenalan, Koh AC bertanya.. “Pak Uswan, bisa bikin brosur-brosur seperti ini nggak?” Sambil menyodorkan beberapa brosur produk merek Furniture yang buat saya familiar banget.

“Bisalah pak.. Brosur ini, yang ini dan ini kan Saya yang desain” saya mengambil beberapa brosur yang dijadikan rujukan oleh Koh AC.

“Wuah..! kebetulan banget!” Koh AC terlihat takjub.. “Kita mau produksi produk baru ni pak, tolong kita dibantu untuk branding kita punya produk. Saya punya rencana bla.. bla.. ”

Alhamdulillah, arahnya sih deal

Arah pembicaraanpun mengarah kepada pekerjaan, untuk itu saya menanyakan kesiapan untuk Logo dan foto-foto produk yang dibutuhkan untuk branding produk baru yang akan diluncurkan Koh AC.
Tantangan dalam project ini adalah, adanya tahapan foto produk yang akan diproses harus di buat ‘manipulasi’ terlebih dahulu. Tunggu dulu.. ‘Manipulasi’ disini dalam artian positif ya.. wkwkwk. Jadi begini.. Desain yang baik itu memberi ‘impact positif’ dari pemirsanya. Impact positif itu ada banyak, salah satunya adalah memberikan ‘inspirasi’ dari produk yang mau kita tawarkan itu. Dalam hal ini, Excora ingin memberikan inspirasi saat produk Matrass Springbed nya di letakkan dalam sebuah ruangan kamar tidur. Tentunya akan berbeda ‘impact’nya bila produk Matras Springbednya itu ‘stand out’ begitu saja. Nah disitulah Anda membutuhkan Desainer grafis untuk melakukan ‘presentasi’ untuk produk Anda.


Setelah Client Brief, penjelasan tahapan pekerjaan dan kesepakatan harga yang saya tawarkan di setujui, maka kami membicarakan tentang jadwal dan Deadline. Saya dikasih waktu dua minggu untuk memproses desain katalog lipat dan logonya. Fiuh.. Fast Track nih. Terkadang saya memang menantang skill saya dalam menerima project. Dan tentunya saya melakukannya diluar jam kantor. Saat dikantor saya melakukan pekerjaan saya dengan cepat dan terencana, supaya saya masih punya energi untuk membantu pengusaha seperti Anda.

Sampai rumah, saya membuat rencana tentang memenuhi tantangan ini. Setelah dihitung speed saya, sepertinya akan tergopoh-gopoh kalau saya melakukannya sendiri. Saya butuh partner untuk membantu saya dalam menjalankan project ini. Akhirnya saya hunting ke teman-teman desainer yang sesuai dengan kualifikasi yang saya butuhkan. Besoknya saya temui langsung sahabat desainer yang akan saya minta bantuannya. Alhamdulillah setelah negosiasi nilai, akhirnya project ini deal dan langsung team saya brief.

Sambil menunggu foto-foto produk, beberapa alternatif desain untuk logo saya siapkan. Dari beberapa konsep yang di sodorkan koh AC memilih desain yang ini :
 Beberapa hari kemudian saya dihubungi Koh AC, mengabarkan kalau materi foto-foto produknya sudah ready. Hari itu sore sepulang kantor saya meluncur ke tokonya. Sekalian saya presentasi untuk logo brand baru produknya. Dari beberapa alternative yang saya ajukan, Koh AC memilih yang seperti ini.

Selanjutnya materi foto produknya saya berikan kepada team. Kemudian saya brief arah desain katalognya supaya gambar manipulasinya bisa selaras dengan desainnya. Singkat cerita, tahapan draft sudah terlewati dan hasil finalnya adalah seperti ini. 




Bila Anda memiliki banyak varian produk seperti halnya Excora, Anda dapat membuatkan katalog semacam ini untuk mengedukasi pasar Anda, sehingga mereka dapat memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bila Anda membutuhkan jasa desain materi promosi Anda, jangan ragu untuk menghubungi saya.. :)

============================================
 Apakah Anda ingin keunggulan produk Anda 
mudah di pahami target konsumen Anda?

atau..
 Anda memiliki produk
yang akan dijadikan sebuah Katalog ?

 atau..
Anda bingung mencari desainer jago untuk me-layout
buku, majalah atau media promosi perusahaan Anda?

Kami siap membantu Anda !

kirimkan permintaan Anda melalui email 
ke : desainuswan@gmail.com

====================================



Komentar