Ngobrolin Logo : Unilever




Kali ini saya mau tuliskan logo dari perusahaan Unilever. Kalau lihat sekilas, logo Unilever ini Cuma huruf ‘U’ besar dengan teks dibawahnya bertuliskan ‘Unilever’ dengan jenis font Script. Warnanya pun cuma satu warna saja, Biru. Begitu sederhana, memorable dan orang yang hanya sekilas melihat mudah mengingatnya dengan logo ini. Tapi saya yakin proses kreatifnya tidaklah mudah.

Logo baru Unilever ini di kenalkan ke publik saat peringatan 75 tahun usia perusahaannya bertepatan pada bulan Mei 2004 yang lalu. Logo ini sangat berbeda dengan logo lamanya yang dipublish ke public pada tahun 1969. Logo baru ini juga memakai huruf “U”, logo kali ini terlihat lebih modern dan kekinian. 



 Logo unilever lahir dari sebuah agency inhouse Unilever Lowe LBD, Sri Lanka tahun 2004, mereka menciptakan identitas visual yang baru dan segar, yaitu dengan menampilkan 24 ikon yang mewakili banyak merek Unilever. Bila dilihat dari kejauhan, 25 ikon tersebut solid bersatu yang membentuk menjadi huruf ‘U' dan bila kita memeriksa lebih dekat, keragaman dan tiap bagian ikonnya akan menjadi lebih jelas. Kok terpikir ya.. 

https://www.wolffolins.com/case-studies/unilever/

 Lewat tangan dingin mereka, kini logo Unilever yang termasuk jenis logo Wordmark sekarang muncul di setiap produk Unilever di seluruh dunia.

https://www.wolffolins.com/case-studies/unilever/

Penasarankan dengan arti ikon-ikon itu apa aja? ini dia penjelasannya..

Es Krim
Simbol Suatu suguhan, kesenangan dan kenikmatan, menikmati, penyegar, pencuci mulut, menyenangkan.

 Tangan
Simbol kepekaan, kepedulian, dan kebutuhan. 
 Rambut
Simbol kecantikan, tampil menarik, dan rasa percaya diri.
 Bibir
Simbol komunikasi, keterbukaan, dan transparansi.


 Putaran
Mewakili gairah kami terhadap rasa dan cita rasa yang luar biasa
 Ikan
Mewakili makanan segar, laut, dan sumber daya alam.
 Pakaian
Simbol cucian segar, penampilan menarikm dan rasa percaya diri.
Lebah
Mewakili semangat komunitas karyawan dan komitmen untuk menemukan cara-cara kerja yang inovatif untuk mengurangi dampak lingkungan.
 

Partikel
Simbol rujukan terhadap ilmu pengetahuan dan komitmen yang terus-menerus untuk menemukan cara-cara inovatif yang baru untuk meningkatkan kehidupan para konsumen.
Kemasan
Menyimbolkan dedikasi Unilever untuk pengalaman konsumen dan untuk menemukan cara pengemasan yang baru dan inovatif yang lebih baik untuk konsumen dan planet ini.

 Transformasi
Suatu simbol perubahan atau transformasi yang positif. Komitmen untuk menemukan cara-cara berkelanjutan yang baru dalam melakukan bisnis.
 Gelombang
Simbol kebersihan, kesegaran, dan kekuatan.

DNA
 Spiral ganda, cetak biru genetis kehidupan dan simbol warisan perubahan positif yang kuat yang masih tertanam dalam bisnis
 Kelapa Sawit
Sumber daya yang dirawat, menyimbolkan rasa hormat terhadap pohon dunia yang alami, hutan, pertumbuhan, dan lingkungan.


 Hati
Simbol cinta, kepedulian, dan kesehatan. Ini mewakili komitmen Unilever untuk membantu orang-orang melakukan tindakan kecil sehari-hari untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka.
Siklus Kebajikan
Siklus kebajikan yang tidak putus yang menyimbolkan upaya untuk mengurangi limbah yang berhubungan dengan pembuangan produk kami.


 Matahari
Sumber cahaya dan energi terbarukan yang tidak terbatas. Ini mewakili upaya untuk menemukan cara-cara inovatif untuk mengurangi dampak gas rumah kaca dari produk di seluruh siklus kehidupan
Merpati
Simbol kebebasan, pemberdayaan, dan harga diri.



 Tumbuhan
Simbol dunia alami yang kita diami. Mewakili komitmen untuk mengurangi dampak lingkungan di seluruh rantai bisnisnya, mulai dari cara mendapatkan bahan baku, hingga operasi produksi, sampai cara konsumen memasak, membersihkan, dan mencucinya.


Percikan
Mewakili peran sebagai pemicu perubahan, yang bertujuan untuk meningkatkan penghidupan orang-orang yang bekerja bersama Unilever di seluruh dunia, pemasok, distributor, dan petani.
 Cabai
Salah satu dari berbagai bahan segar dalam produk. Ini mewakili komitmen Unilever untuk mendapatkan bahan baku pertanian untuk produk secara berkelanjutan
 Sendok
Simbol pengecapan gizi dan memasak. Ini mewakili komitmen kami untuk terus-menerus meningkatkan rasa dan mutu gizi semua produk makanan kami, membantu jutaan orang menikmati makanan lezat dan mendapatkan diet yang lebih sehat.
Mangkuk
Semangkuk makanan dengan wangi luar biasa menyimbolkan komitmen kami terhadap bahan-bahan yang bagus dan waktu makan yang sehat.
 Bunga
Simbol kepekaan, kepedulian, dan hormat terhadap keindahan; kecantikan konsumen dan keindahan alam.


Itulah logo Unilever yang menurut saya layak untuk diobrolin di blog saya ini. Selain filosofi perusahaan yang begitu 'dalem' keunikan dari logonya ini adalah dengan memadukan simbol-simbol yang jumlahnya begitu banyak, karena Unilever sendiri perusahaan besar yang memiliki produk yang familiar di kehidupan kita sehari-hari. Kalau di Indonesia, produk yang berada di bawah Unilever yang diperdagangkan adalah Surf, Rinso, Buahvita, Taro, Sunsilk, Pepsodent, Lifebuoy, Clear, Close Up, Citra, Royco, Axe, Lux, Dove, Kecap Bango, Sari Wangi, Blue Band, Wall’s, Sunlight, Rexona, Pure It, Vaselin, Domestos Nomos, CIF, Viso, Wipol, Vixal, Molto, She, Lipton, SASEBUTM., Blue Band, Super Pel, Brylcreame, dan Zwitsal. Kemungkinan masih akan terus berkembang nanti ke depannya.. Karena untuk saat ini saja tercatat 2 Milyar setiap harinya penduduk dunia menggunakan produk dari Unilever. Dan ada lebih 400 brand yang terjual di seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri hanya sebagaian yang di sebut di atas.

Kalau menurut Anda, logo jenis ini cocok nggak dengan bisnis Anda? Tuliskan komentar di bawah ya.. :)

gambar tema : www.graphicsprings.com
arti logo : www.unilever.co.id
sebagian bahan dari : www.bisnishack.com


Komentar