Buku Galak nih : Kesalahan-Kesalahan Pengusaha Membangun Bisnis Dengan Utang




Beberapa minggu yang lalu, Ust Samsul Arifin (SA) menghubungi saya lewat WA. Wuih.. berjuta rasanya. Setelah pindah ke yogya memang jarang berhubungan dengan teman-teman di Bogor dan Jakarta. Hanya sesekali saja menanyakan kabar dengan mereka. Tetapi untuk Ust. SA berbeda, disela-sela kesibukan dakwah tentang Bahaya Riba nya di komunitas Masyarakat Tanpa Riba, beliau menghubungi saya secara pribadi untuk meminta saya mendesain buku khusus tentang Riba. Buku ini ditujukan kepada para pengusaha-pengusaha yang mengembangkan bisnisnya dengan Riba dan berisi fokus ke penyadaran akan bahaya utang dengan Riba. Wuih.. buku ini “galak” banget ya.. hehe.

Setelah saya menerima brief awal arah tujuan buku ini diluncurkan, pembicaraan ‘Ujroh’ untuk jasa desain saya, maka pembicaraan tentang naskah dan deadline bukunya di luncurkan. Awalnya saya agak ragu, apakah sebuah project bisa berjalan maksimal bila komunikasi hanya melalui email, WA dan telepon saja. Maka saya pun tidak berharap terlalu banyak. Karena masih banyak satu-dua calon klien ‘berhenti’ ditengah jalan karena factor ‘trust’ dan jarak. Apalagi kalau nilai projectnya di angka jutaan. Hehe.

Jarak berselang dua hari, ust SA mengirim naskah pertamanya. Saya pun memulai proses layout untuk melihat dari naskah yang diberikan akan menghasilkan berapa jumlah halamannya. Dengan layout standar, besar font dan margin teks yang di tentukan, rupanya hanya menghasilkan 20 halaman saja. Wah tipis bukunya nih. Sebagai awalan saya pun mengirimkan draft tersebut ke Ust. SA untuk memberikan gambaran ke beliau tentang desain layout isi bukunya. Setelah mendapat gambaran layout awal dari saya, ust SA pun melakukan beberapa revisi pada naskah hingga buku itu mencapai 32 halaman. 

Alhamdulillah, bentuk kolaborasi dan komunikasi yang sangat baik. Naskah pun saya perhatikan dari revisi pertama hingga final terasa ada perbaikan bentuk alur cerita dalam naskah menjadi lebih 'nampol', hingga menjadi final dan naik cetak. Saat proses desain untuk Cover pun juga demikian. Dari 4 konsep yang saya ajukan, ust. SA memilih satu konsep dan melakukan tahapan-tahapan revisi hingga mencapai bentuk yang sesuai dengan buku “galak”nya. Hehe..
Alhamdulillah, project buku ini sudah masuk dalam tahap cetak. Bentuknya kurang lebih seperti ini:

Buku ini mencoba menyadarkan para pengusaha Muslim yang memilih mengembangkan bisnisnya dengan Riba (Anda wajib membaca buku ini) atau pengusaha Muslim yang berniat mengembangkan bisnisnya Anda harus membaca buku ini supaya tidak terjebak dalam permodalan yang tidak Islami. Buku ini walaupun hanya berisi 32 halaman, tetapi isinya berbobot. Gaya bahasanya begitu renyah untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu mengurai hal-hal yang ‘abstrak’ haha.. 

Layout buku ini aslinya berbeda jauh dengan draft desain awal yang saya buat. Desain layout awal saya buat begitu 'atraktif', tetapi ust. SA mengingatkan agar layout dibuat nyaman dengan pemilihan font dan margin yang mudah dibaca oleh semua kalangan, terutama kalangan 'senior'. Supaya pesan dalam buku ini sampai tidak hanya kalangan muda, tetapi juga para 'senior', hehe.. Isinya pun hanya 42 halaman, bahasa sangat lugas, tidak bertele-tele dan memakai landasan data dan dalil yang akurat. Dan ternyata memang hasilnya tidak mengecewakan. Layoutnya minimalis dan elegan seperti ini, ditambah tulisan gaya bahasa Ust SA yang menggugah pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri, perhatikan saja salah satu layout halamannya:




Buku ini juga sebagai wasilah membuka sudut pandang saudara kita yang masih terjerat utang. Untuk pemesanan silahkan menghubungi nomer 0813-8815-5577




Untuk yang belum tahu profil Ust. Samsul Arifin, silahkan melihat tayangan ini yang di unggah oleh mas Saptuari Sugiharto :




Kabarnya buku ini akan ada kelanjutannya.. tapi yang terpenting dari itu, semoga buku ini akan membuka cakrawala baru untuk Anda semua.. Aamiin.

============================================
 Anda memiliki naskah yang akan dibuat menjadi 
sebuah buku?
 atau..
Apakah Anda ingin merekam jejak prestasi hidup
yang tertuang dalam sebuah buku ? 
 atau..
Anda bingung mencari desainer jago untuk me-layout
buku, majalah atau media internal perusahaan Anda?

Saya siap membantu Anda mewujudkannya!

kirimkan permintaan Anda melalui email 
ke : desainuswan@gmail.com

====================================


Komentar